Blog

6 Cara Mudah dan Efisien Melakukan “Submit” Ke Berbagai Search Engine

Posted by:

Kegunaan Submission mesin pencari sebagai upaya link building cukup penting bagi SEO website anda, terlebih web anda belum cukup populer di mata mesin pencari. Sebagian besar dari anda mengetahui akan hal ini, bahwa traffic yang paling berharga adalah organic traffic. Organic traffic sendiri adalah traffic yang datang dari mesin pencari. Tentu saja terlebih dahulu mesin pencari harus mengindeks situs web anda, kemudian menampilkannya di daftar deretan peringkat hasil pencarian, lalu seseorang mengklik tautan tersebut menuju halaman web anda.

Search engine besar (misalnya google dan bing) akan mendatangi, merayapi semua isi konten dari web anda, termasuk “fresh kontent”. Jika web anda sudah bisa dikatakan populer dan secara rutin dengan frekuensi yang sering “dirayapi”, tentunya tidak ada masalah. Namun untuk web baru butuh waktu yang lama sebelum “bot” mesin pencari menemukannya. Submission mesin pencari dapat dijadikan cara efektif dalam rangka memperkenalkan website juga isi konten terhadap mesin pencari.

Cara melakukan submission mesin pencari dapat dilakukan dengan 2 cara, manual dan otomatis. Cara manual adalah anda “submit” satu persatu website / konten ke setiap mesin pencari. Cara yang ke 2 adalah dengan menggunakan “tools” yang secara otomatis mengirimkan ke semua “search engine” dalam waktu bersamaan. Untuk cara yang ke 2 bisa dikatakan cukup efektif dan efisien.

Cara Manual Submission Mesin Pencari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manual submission berarti anda melakukan submission satu persatu ke setiap mesin pencari. Cara ini cukup menyita waktu dan sedikit merepotkan. Sebagai contoh cara manual adalah submit artikel ke 2 mesin pencari terbesar, google dan bing.

Sebaiknya tidak melakukan submission satu konten lebih dari satu kali (berulang-ulang), selain tidak akan dianggap kemungkinan anda dinilai melakukan spam.

6 Tools Otomatis Submission Mesin Pencari (Cara 2)

Agar kegiatan submission anda dilakukan dengan mudah, efektif serta efisien dapat dilakukan dengan cara otomatis menggunakan beberapa tools gratis. Kebanyakan tools submission gratis akan meminta identitas dan email anda untuk keperluan syarat setiap mesin pencari, juga untuk kepentingan mereka (misalnya subscrible).

1 Free Web Submission

Lihat Tools

Situs Submission ini akan membantu Anda untuk “submit” ke mesin pencari mapan. Teknik yang digunakan adalah perpaduan (kombinasi) proses otomatis dan manual dalam memperkenalkan url web anda ke mesin pencari dan direktori yang sering digunakan.

2 Entire Web

Lihat Tools

Entire web memberi anda cara untuk “submit” website ke berbagai mesin pencari yang populer. Sekitar 3,5 juta “profesional” sudah mengirimkan website mereka ke berbagai mesin pencari terpercaya. seperti google, bing, yahoo menggunakan “tools” ini. Entire web merupakan cara mudah dan cepat membantu anda dalam mencapai tujuan submission ke mesin pencari yang diinginkan.

3 Evrsoft

Lihat Tools

Mungkin, Evrsoft adalah submission mesin pencari gratis paling populer dengan cara kerja lebih baik. Evrsoft memungkinkan anda untuk melakukan submission ke 100 mesin pencari populer hanya dalam beberapa menit. Hal ini menjadikan website anda menjangkau pelanggan dan pengunjung dengan cepat.

4 Serfish

Lihat Tools

Situs web ini memungkinkan anda untuk memperkenalkan ke lebih dari 50 mesin pencari. Untuk melakukannya anda tidak diharuskan memasang backlink atau klik banner. Keunggulan lainnya anda dapat melakukan submission masal.

5 Add Pro

Lihat Tools

Bagaimana cara mendapat trafik menuju website anda?, tentu saja dari mesin pencari. Yang anda harus lakukan adalah melakukan submission terlebih dahulu ke mesin pencari. Selanjutnya mesin pencari akan memberikan anda pengunjung (visitor). Untuk melakukan misi submission, add pro menyediakan hingga 18 submission mesin pencari secara cuma-cuma.

6 Clever Submitter

Lihat Tools

Cleaver submitter menyediakan fasilitas hingga total 129 submission ke berbagai mesin pencari dan direktori terpopuler. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anda. Setelah melakukan submit, periksa email anda, dalam 5-6 menit proses submit akan selesai.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Submission

Bagaimanapun submmision seharusnya dilakukan dengan cara sewajarnya. Tidak melakukan spam, berarti sebisa mungkin anda tidak perlu melakukan submit berulang-ulang atas konten yang sama. Pilih dengan bijak salah satu tools diatas agar terhindar dari spam submission.

Tidak semuanya mesin pencari akan mendatangkan trafik bagi anda, terlebih bisnis serta target pengunjung anda di indonesia. Di Indonesia umumnya masyarakat cenderung menggunakan google saja untuk mencari sesuatu di internet (beberapa dari bing dan yahoo juga lainnya). Berbeda halnya jika target visitor web anda bersifat global (internasional), maka submission bisa jadi cara benar dan efektif dalam memperoleh trafik.

Selain itu, setiap “search engine” tidak langsung “saat itu juga” menampilkan web yang anda submit di hasil pencarian mereka. Beberapa diantaranya membutuhkan waktu berhari-hari, berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



4
  Artikel Terkait

Comments

  1. stigma  Februari 1, 2018

    Thanks, gan. Informasi yang bermanfaat
    Sangat membantu bagi seorang newbie.

    reply
    • thidi  Februari 1, 2018

      Sama-sama gan…senang bisa membantu…salam

      reply
  2. Karpet Lantai  Juli 25, 2018

    mantap gan artikelnya sangat bermanfaat…

    reply
    • thidi  Juli 25, 2018

      Terima kasih sudah berkunjung….dan senang bisa bermanfaat…salam

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Optimasi & SEO