Blog

Mengetahui dan Memahami Fitur – Pengaturan Serta Manfaat Plugin Yoast SEO

Posted by:

Menurut anda, apa hal yang penting pada pengelolaan website? SEO !!!. Salah satunya memang benar,  pengoptimalan website itu sendiri terhadap mesin pencari (SEO). Seandainya situs web usaha anda menggunakan wordpress “self hosting” (bukan blog wordpress atau onsite wordpress.com), maka sudah seharusnya pilihan anda jatuh pada plugin YOAST SEO, sebagai “pembimbing” anda dalam pembuatan konten juga “pemasarannya”.

Bukankah plugin SEO tidak hanya Yoast saja ? Ada banyak yang bisa jadi pilihan anda, misal all in one SEO, saingan terdekat yoast. Setidaknya hal ini bisa dijadikan pertimbangan, bahwa plugin yoast seo bersifat “comprehensive” menyangkut banyak hal yang anda butuhkan. Selalu respon dengan perubahan algoritma google, fitur terpenting ada di versi gratis bukan premium.

Melihat Lebih Dekat Plugin Yoast SEO – Take a Look Closser

Yoast pada awalnya dibentuk oleh Joost de Valk pada tahun 2006 dengan nama “oostdevalk.nl”. Kemudian, “de valk” menciptakan platform YOAST pada tahun 2010. Hingga saat ini produknya (plugin yoast seo) menempati posisi teratas dari banyaknya jumlah pemakai. Terhitung hingga 3 juta lebih pengguna aktif ( 3+ million active installs) pada agustus 2017, merupakan cerminan bahwa plugin ini dapat diterima dengan sangat baik oleh pengguna wordpress di seluruh dunia.

Keberhasilan dari sebuah produk terlihat dari respon positif yang diberikan oleh pembeli. Rating menjadi tolak ukur, memperlihatkan bagaimana plugin ini mampu “mengambil hati” semua penggunanya. Pada deretan plugin wordpress, yoast mendapat 5 bintang (rating tertinggi) dengan jumlah 14748 orang yang memberikan ratingnya, jauh mengungguli pesaing terdekatnya all in one SEO (memperoleh bintang 4,5) dari hanya 517 orang saja yang bersedia memberi rating.

Dilihat dari analisis ilmu pemasaran bahwa “kepuasan adalah selisih harapan / persepsi dikurangi dengan kenyataan”. Mereka tidak berharap banyak dari plugin gratis, kenyataannya mereka malah mendapatkan manfaat lebih dari sekedar premium, luar biasa bukan? Kemudian, perilaku seseorang yang memberikan pendapat sukarela (berupa rating) umumnya hanya ada pada kondisi perasaan ekstrim, sangat puas atau tidak puas. Jika hampir 15 ribu orang sukarela memberikan ratingnya dengan rata2 “sempurna”, bagaimana menurut anda?

Hal yang menarik dari plugin yoast seo adalah semua fitur terpenting tersedia di versi “gratis” (terbalik dengan plugin kebanyakan). Itulah sebabnya plugin ini mendapat respon yang sangat luar biasa dari publik.

Fakta Penting Plugin Yoast SEO

Faktor terpenting adalah keaktifan developernya dalam mengembangkan plugin nya. Yoast dituntut harus mengembangkan dan beradaptasi terhadap 2 hal, yaitu kompatibel dengan “update” wordpress itu sendiri, kedua dituntut mampu terus menyesuaikan dengan perubahan algoritma google juga mesin pencari lainnya. Jika anda pengguna YOAST dalam waktu yang lama dan memperhatikan setiap pembaharuannya, pasti merasakannya. Mereka aktif melakukan riset jika ada perubahan kebijakan dari “search engine”, mereka juga cepat mengeluarkan versi terbaru jika wordpress sudah melakukan pembaharuan.

Kunjungi Halaman Plugin

Pemasangan dan Konfigurasi Awal Plugin Yoast SEO

Pemasangan plugin yoast seo sama seperti pemasangan plugin lainnya. Sebagai langkah awal anda disarankan mengaktifkan “Advanced settings pages” pada tab feature (jika tidak otomatis aktif). Advance setting page berfungsi mengaktifkan semua fitur penting pengaturan SEO pada situs / blog, terdiri dari “site-wide settings untuk titles dan meta descriptions, social metadata, sitemaps dan lainnya”.

Pada pengaturan umum, jika anda tidak ingin ambil pusing, maka gunakan “configuration wizard” dimana anda akan dibimbing melakukan konfigurasinya. Setelah terkonfigurasi menggunakan wizard, beberapa hal penting yang harus anda perhatikan diantaranya :

Membuat Peta Situs (Site Map)

Site map berfungsi sebagai daftar isi dari website. Bot “spider” mesin pencari, sebelum menjelajahi isi konten website milik anda, umumnya mereka akan melihat terlebih dahulu peta situs. Pada langkah pengaturan akun webmaster, anda akan diminta memasukan “sitemap”, maka dengan membuatnya terlebih dahulu, nantinya anda hanya perlu memasukannya saja. Point2 penting pada pengaturan sitemap (sesuai nomor pada gambar) :

  1. Tombol pengaktifan peta situs web
  2. Jika anda mengerti mengenai struktur sitemap, terdapat berbagai pilihan pengaturan pada tab (no 2). Jika anda belum mengerti sebaiknya biarkan “default” nya.
  3. Apabila anda sudah melakukan pengaturan diikuti dengan menyimpan pengaturannya, maka silahkan klik tautan url peta situs web anda. Seperti gambar berikut.

Pengintegrasian Akun Webmaster

Pengintegrasian dengan 3 akun webmaster yang sering digunakan oleh webmaster. Anda tidak harus memasang semuanya, cukup search console google webmaster saja.

  1. Tautan langsung yang mengantarkan anda ke halaman pendaftaran masing-masing akun wbmaster.
  2. Nomor verivikasi dari setiap akun webmaster, menggunakan cara ini berarti anda tidak harus mengupload file verifikasi lewat cpanel.

Klik Disini Cara Daftar Google Webmaster

Terdapat beberapa pengaturan lainnya yang cukup penting, hanya jika anda mampu melakukan silahkan pergunakan. Misalnya pengintegrasian google webmaster dengan yoast, yang memiliki manfaat pemantauan kinerja situs seperti “crawl eror”. Namun sebenarnya laporan tersebut sudah ada di akun google webmaster.

Konfigurasi – Analisis Pengelolaan dan Pembuatan Konten

Bagaimanapun yoast seo adalah plugin mengarahkan pembuatan konten website dilakukan dengan benar (seo friendly). Sebelum menggunakannya, anda seharusnya memahami bahwa plugin ini merupakan alat yang di buat sesempurna mungkin mendekati cara membuat konten yang baik. Dengan demikian seharusnya anda tidak terlalu terpaku pada indikator-indikator merah, kuning dan hijau yoast, setidaknya dikemudian waktu, hari dimana anda memahami SEO seutuhnya.

Indikator SEO dan Readibility

Indikator analisis otomatis yoast seo ada di bagian bawah halaman. Terdiri dari berbagai indikator faktor penilaian konten yang baik. Bagaimana anda menentukan fokus kata kunci “keyword”, kemudian menempatkannya pada meta title, slug, description hingga memasangnya pada keseluruhan isi konten.

Tab yang lainnya adalah readibility, indikator bagaimana kelayakan suatu isi konten agar mudah dibaca oleh visitor. Berbeda dengan indikator SEO, indikator readibility tidak mengurusi masalah keyword. Indikator readibility menghitung jumlah kata dalam kalimat, jumlah kalimat dalam paragraf hingga panjang tulisan yang wajar pada setiap sub judul.

Pelajari Panduan Memasukan Konten Yoast

Tab social dan berbagi

Tab sosial dan berbagi berisi pengaturan jika anda ingin membagikan konten dengan format berbeda dikhususkan untuk sosial media tertentu (facebook). Pengaturan format yang dimaksud adalah gambar, judul dan deskripsi yang sama sekali berbeda dengan yang anda buat. Pengaturan sosial ini terkadang berguna jika terjadi “error” konten yang dibagikan ke facebook tidak muncul, baik gambar maupun judul serta deskripsinya.

Tab Pengaturan Lanjutan (Advanced)

Pengaturan pada tab “advanced” hanya boleh dilakukan jika anda sudah benar-benar mengerti pengelolaan konten. Terdiri dari meta robot dan canonical url. Jika belum mengerti biarkan saja default.

  • Meta robot. Jika anda mengerti mengenai robot.txt maka pengaturan meta robot bukan suatu hal yang membingungkan. Pengaturan meta konten pada suatu halaman, apakah konten halaman ini boleh atau tidak di index mesin pencari, diperbolehkan atau tidaknya bot crawler mesin pencari untuk mengikuti semua tautan yang ada pada konten, hingga pengaturan umum lainnya terkait meta robot.
  • Canonical url. Pengaturan mengenai konten manakah yang memiliki tingkat kepentingan lebih tinggi dari konten lainnya. Maksudnya adalah untuk mencegah kesalahan google menampilkan halaman mana yang ditampilkan pada deretan hasil pencarian mesin pencari.

Pelajari Rel Canonical Url Selengkapnya


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



2
  Artikel Terkait

Comments

  1. maratun  Januari 25, 2018

    tanya min
    apakah plugin yoast seo dapat menyesuaikan dengan algoritma google terbaru?

    reply
    • thidi  Januari 25, 2018

      Sebenarnya sudah dijelaskan diatas, salah satu alasan plugin ini menjadi plugin SEO paling populer adalah karena sangat cepat menyesuaikan dengan perubahan google…salah satu contohnya baru-baru ini google menyertakan descripsi panjang pada hasil pencarian untuk setiap website…Dalam hitungan jam plugin ini update, dan description metanya menjadi panjang juga….salam…

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Optimasi & SEO
  • Tutorial WordPress