Blog

Ranking Keyword Website Bisa Diketahui Melalui Google Webmaster

Posted by:

Sebagai pengelola website pastinya mengetahui cara cek peringkat keyword website sangat penting setidaknya untuk mengukur daya saing website. Setiap pemilik dan pengelola website umumnya berangan-angan dan mempunyai tujuan agar kata kunci / keyword yang dianggap penting menempati posisi strategis. Jika bisa menempati peringkat satu di hasil pencarian. Dengan berada di posisi yang sangat strategis tentunya sebuah website akan mendatangkan banyak pengunjung karena memang pengguna internet umumnya hanya membuka halaman satu saja pada pencarian google, sebagian kecilnya membuka halaman berikutnya.

Google sendiri menyediakan fasilitas untuk mengetahui peringkat “keyword” pada hasil pencarian menggunakan tools yang dinamakan search console google webmaster yang terhubung langsung ke website anda. Sebenarnya bukan hanya memperlihatkan peringkat keyword saja, tools ini memiliki fitur yang cukup lengkap dalam melaporkan kinerja keyword dan halaman mengenai berapa kali ditayangkan, berapa yang melakukan klik juga rasionya secara umum mengenai trafik website.

Klik Disini Untuk Membuat Akun Google Webmaster

Peringkat Keyword di Google Tidak Seperti yang Anda Bayangkan Sebelumnya

kesalahan memahami peringkat website

Banyak orang berfikir, mungkin termasuk anda saat ini menganggap bahwa peringkat hasil pencarian pada mesin pencari khususnya google tidak berbeda dengan hasil kelas semen liga sepak bola. Jika menang akan mendapat point 3, draw mendapat 1 dan jika kalah tidak mendapatkan apapun. Dengan hasil pertandingan maka peringkat berubah tiap pekan dan team yang banyak memenangkan pertandingan sudah pasti peringkatnya jauh lebih baik. Dimanapun dan siapapun orang yang melihat peringkat suatu liga sepak bola pastinya akan sama.

Berbeda halnya dengan peringkat website dan halamannya pada hasil pencarian tidak terlihat sama bagi setiap orang antara satu dan lainnya. Jika anda mencari sesuatu (keyword) mungkin akan mendapatkan situs A.com berada di peringkat 1 hasil pencarian. Namun hasilnya mungkin berbeda jika istri, pacar, sahabat bahkan orang lain yang mencari keyword yang sama, karena bisa saja A.com berada di peringkat 2, 4, 7 atau bahkan 10. Kenapa bisa begitu? karena hasil pencarian google dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Data aktifitas personal anda selama berselancar sebelumnya.
  • Lokasi IP Adress anda.
  • Jenis perangkat yang anda gunakan.
  • Sinkronisasi google data center.
  • Pengaturan dan konfigurasi yang anda lakukan sendiri.
  • Kapan waktu anda melakukan pencarian.
  • Faktor lainnya.

Dikarenakan hasil pencarian yang berbeda maka google melaporkan hasil peringkat tidak berbentuk bilangan bulat, melainkan berbentuk pecahan (misalnya 2,7). Hal ini dikarenakan bahwa laporan tersebut merupakan hasil akumulasi tayangan dari setiap orang, kemudian dibagi dengan jumlah orang tersebut.

Kenapa Hasil Peringkat Google Berbeda?

Cari Tau Alasannya Disini !!!

Cara Cek Peringkat Keyword Website Menggunakan Google Webmaster

cara mengetahui peringkat website menggunakan google webmaster

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengetahui peringkat kata kunci melalui akun search console google webmaster adalah tentu saja harus sudah terdaftar, melakukan konfigurasi dan dalam posisi login. Kemudian silahkan klik tab (daftar menu di sebelah kiri) pada search traffic >>> search analytics.

cara mengetahui peringkat website melalui google webmaster

Secara default keseluruhan google webmaster melaporkan kinerja website anda dan keywordnya selama 28 hari (anda bisa merubahnya sendiri sesuai keinginan). Untuk bisa membaca laporan peringkat website di hasil pencarian google silahkan lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Pada tab bagian atas klik (centang) tab position (default google webmaster adalah tab “clicks”). Anda bisa mencentang salah satu dari ke empat tab diatas atau keseluruhan.
  2. Menunjukan posisi rata-rata keseluruhan keyword website anda pada hasil pencarian.
  3. Grafik yang menunjukan perkembangan posisi rata-rata keyword website anda pada hasil pencarian google, apakah cenderung naik atau turun.
  4. Peringkat salah satu keyword yang anda bidik pada hasil pencarian. Pada gambar diatas keyword “dropshiper adalah” menempati posisi 1,0. Karena google menggunakan hasil rata-rata dari setiap orang yang mencari kata kunci tersebut, dapat dipastikan siapapun yang melakukan “searching” “dropshiper adalah” di google maka akan berada pada peringkat satu (posisi teratas).

Kemudian, untuk mengetahui peringkat salah satu keyword, maka silahkan klik salah satunya seperti contoh pada point 4 pada gambar diatas “dropshiper adalah”.

Google webmaster akan memberikan laporan terperinci perkembangan peringkat dari setiap keyword dalam kurun waktu 28 hari terakhir secara default atau dalam waktu sesuai keinginan anda.

  1. Menunjukan keyword apa yang sedang anda lihat progressnya.
  2. Posisi rata-rata keyword tertentu (dropshiper adalah) pada hasil pencarian.
  3. Menunjukan perkembangan peringkat keyword selama 28 hari. Pada gambar diatas terlihat konstan pada posisi 1,0. Hal ini menunjukan bahwa selama 28 hari keyword “dropshiper adalah” menempati posisi pertama (teratas) pada hasil pencarian google untuk siapapun yang mencarinya.

Lain halnya jika laporan posisi google merupakan pecahan misalnya 1,3. Maka grafik tidak akan lurus (konstan), karena terjadi perbedaan hasil pada setiap orang yang mencari keyword tersebut.

Cara Cek Peringkat Keyword Website Menggunakan Tools Lainnya

cara chek keyword menggunakan tools dan aplikasi

Tidak hanya menggunakan google webmaster, cara cek peringkat keyword website juga bisa menggunakan tools lainnya baik yang gratis maupun berbayar. Terdapat banyak tools jika anda mencarinya menggunakan pencarian mesin pencari google dengan kata kunci “keyword ranking tools” misalnya. Salah satunya yang menurut saya terbaik juga gratis adalah whatmyserp memiliki keunggulan dari tools lainnya pada segi pencariannya yang dapat dilakukan secara masal (bulk) juga dalam versi pencarian google global (.com) dan lokal (.co.id).

Jika berbicara tentang keakuratan, apapun tools yang anda gunakan (gratis dan berbayar) akan melihat peringkat keyword di posisi mereka. Artinya bahwa sama saja satu orang mencari peringkat keyword kemudian melihat dimana posisi website anda baik itu menggunakan versi google.com, google co.id maupun dilihat dari versi desktop dan mobile. Jadi jika anda melakukan pengecekan sendiri secara manual kemungkinan hasilnya berbeda karena sudah dijelaskan sebelumnya terdapat beberapa faktor yang menyebabkannya demikian.

Search Console Google Webmaster 100% Akurat

google webmaster akurat 100%

Dikarenakan tools google webmaster merupakan produk google itu sendiri yang bekerja sebagai kesatuan dari bagaimana mesin pencari mereka maka tingkat keakuratannya bisa dibilang 100%. Jadi sudah sangat wajar jika anda ingin mengetahui letak posisi keyword-keyword pada hasil pencarian mesin pencari SERP Google, maka gunakanlah search console google webmaster.

Namun, cara cek peringkat keyword website tidak akan bekerja umumnya untuk website baru, hal ini dikarenakan website baru umumnya belum terindex dengan baik mengenai kontennya. Salah satu kelemahan google webmaster ini adalah cenderung tidak bisa diandalkan untuk melihat halaman dengan ranking yang sangat rendah dihasil pencarian / belum mendapat satu pun klik. Dengan demikian bisa disimpulkan bagi anda yang baru saja memiliki website untuk tidak dulu memikirkan peringkat website, fokus lah mencari popularitas dan pemasaran website agar penilaian mesin pencari terhadap website anda sangat baik. Lakukan optimasi dengan sewajarnya, lakukan seo dengan sebenar-benarnya, dan yang terakhir jalankan konsep totalitas digital internet marketing.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait
  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Optimasi & SEO