Sejarah JNE sudah melalui proses yang sangat panjang sehingga menjadi salah satu perusahaan yang cukup diperhitungkan di Indonesia. Tentu saja nama perusahaan ini sudah tidak asing lagi terutama bagi anda yang sering melakukan kegiatan menjual dan membeli barang via online lewat bukalapak, tokopedia hingga shopee.

JNE merupakan singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir dengan nama resminya adalah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

JNE sendiri merupakan sebuah perusahaan pengiriman logistik terbesar yang mempunyai agen sebanyak 6.800 (pada tahun 2018) tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Tidak seperti jasa ekspedisi lainnya seperti mascargo dan w3cargo yang mempunyai syarat minimum jumlah dan berat pengiriman barang, JNE lebih berfokus pada pengiriman barang retail (satuan) tanpa ada batasan minimum.

Sejarah JNE Dimulai Pada Tahun 1990

JNE didirikan pada tahun 1990. oleh Soeprapto Suparno bersama Johari Zein tepatnya pada tanggal 26 november. Perusahaan ini memulai kegiatannya dengan delapan karyawan dan bermodal awal 100 miliar rupiah. pada mulanya JNE hanya penanganan kegiatan ekspor dan impor seperti kepabeanan, jasa impor kiriman barang, dokumen eksport import serta pengirimannya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada satu tahun sejak berdirinya PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE mulai memperluas jaringan ke tingkat internasional. Salah satunya dengan bergabung sebagai anggota assosiasi perusahaan kurir di beberapa negara Asia (ACCA / Association Courier Conference of Asia).

ACCA berpusat di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan pada JNE untuk mengembangkan wilayah jangkauan hingga ke seluruh dunia.

Namun, selanjutnya JNE malah lebih berfokus pada pasar domestik dan berkembang dengan pesat. Sehingga di tahun 2002 JNE membeli gedung dan mendirikan JNE Operations Scorting Centers. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli Gedung baru sebagai kantor pusat JNE. Adapun kedua gedung ini berada di Jakarta.

Sejauh Mana Hubungan JNE dengan Tiki?

Bagi anda yang baru mengetahuinya maka akan bertanya-tanya kenapa ada nama Tiki pada JNE karena keduanya adalah perusahaan yang berbeda dan merupakan “rival”?. Jawabannya adalah memang pada awalnya kedua perusahaan ini merupakan satu kesatuan, dimana JNE adalah sebuah divisi dari TIKI untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Pada mulanya memang JNE hanya mengurusi kegiatan kurir internasional. Namun pada tahun-tahun berikutnya malah ikut meramaikan persaingan jaringan logistik domestik dimana TIKI berada.

Keduanya sama-sama berkembang dengan pesat yang pada akhirnya harus berhadapan (head to head) pada persaingan memperebutkan pelanggannya. Maka, dengan alasan itulah kemudian JNE memisahkan diri dari TIKI dengan menjadi perusahaan sendiri, manajemen sendiri dan logo sendiri untuk membedakannya dari TiKi.

Perkembangan Layanan JNE dari Inovasi dan Prestasinya

Perkembangan produk layanan dimunculkan JNE antara lain, menyediakan jasa kurir, logistic, money remittance hingga jasa kargo. Seiring berjalannya waktu JNE meraih pasarnya. Perlahan-lahan JNE menemukan banyak layanan baru yang tidak terpikir sebelumnya.

Money remittance adalah jasa mengirimkan uang dari pemilik rekening satu ke pemilik rekening lainnya atau pemilik rekening yang sama, dari satu wilayah ke wilayah lainnya, baik dalam satu negara maupun lintas negara, dalam mata uang rupiah maupun mata uang asing.

Pada masa di mana perusahan-perusahaan lain hanya bertumbuh sebesar 10%-15%, JNE mampu tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Hal ini disebabkan dengan inovasi-inovasi yang terus lahir dari JNE. Beberapa contoh dari inovasi JNE antara lain :

  • Metode jemput bola => Jika ditelfon, maka Kurir JNE langsung menjemput ke tempat anda yang ingin mengirimkan barang.
  • Barang kiriman senilai dengan 10x pengiriman maka JNE akan memberikan asuransi jaminan barang.
  • Tersedianya media untuk mengawasi barang sedang dikirim Baik bagi pengirim atau penerima.
  • Layanan Pesona => Menjadi jawaban bagi orang-orang yang hendak mengirimkan oleh-oleh atau membeli oleh-oleh. Misalanya, kita sedang berada di Garut, kemudian ingin memberikan oleh-oleh dodol Garut. Maka JNE dengan jaringannya akan memenuhi pembelian dodol Garut yang dipesan konsumen dari Bandung. Tidak hanya dodol sebagai makanan yang awet, eskrim pun bisa dikirimkan lewat JNE.

Semua inovasi dan komitmen JNE ditujukan untuk mempermudah konsumen yang membutuhkan layanan mereka. Maka, tidak heran jika layanan JNE merupakan salah satu yang terbaik dikarenakan perusahaan ini lebih mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi sebagai bagian dari pengembangan. Dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit.

Kelebihan dan Kekurangan Layanan JNE

Setiap perusahaan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan ketika memberikan layanannya. Semua kekurangan dan kelebihan yang dimiliki JNE bisa dijadikan pertimbangan sebelum menggunakan layanannya.

  • Kelebihan dari JNE :
    • Memiliki layanan costumer service yang responsif dan cepat dalam menangani berbagai keluhan konsumen.
    • JNE memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan dengan mudah, bahkan pada jam-jam setelah pulang kantor sekalipun.
    • Memiliki jaminan uang kembali (garansi), jika sewaktu-waktu kiriman barang melampui batas pengiriman yang ditentukan (khusus paket jenis tertentu).
    • Memiliki beberapa layanan yang budgetnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan konsumen.
    • Memiliki sistem tracking yang baik, sehingga Anda dengan mudah bisa melacak keberadaan dan proses pengiriman barang kiriman.
    • Bisa mengirim dokumen dan berbagai surat berharga lainnya.
  • Kekurangan dari JNE :
    • Pengiriman terkadang melebihi waktu yang telah diperkirakan sejak awal.
    • Nomor resi pengiriman seringkali sulit untuk dilacak.
    • Pengiriman tidak menjangkau pelosok dan hanya terbatas pada kota-kota besar saja.
    • Tarif pengiriman yang diterapkan terbilang lebih mahal, jika dibandingkan dengan perusahaan pengiriman barang lainnya.

Namun dari semua kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya tetap saja JNE merupakan perusahaan layanan jasa ekspedisi yang bisa diandalkan. Kehandalan dan komitmen layanan terbaik JNE ini terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001, 2008 atas sistem manajemen mutu.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.